Meynia

Seorang guru SD yang mengajar di daerah Tangerang. Asliku dari Bogor. Hobbyku membaca. Dengan belajar menulis, aku berharap suatu hari dapat mem...

Selengkapnya
Deklarasi Gerakan Sekolah Menyenangkan

Deklarasi Gerakan Sekolah Menyenangkan

Hari selasa, 16 Oktober 2018 kemarin telah diadakan deklarasi Sekolah Menyenangkan di kabupaten Tangerang. Acara tersebut diselenggarakan di halaman Gedung Maulana Yuda Nagara Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang dengan dihadiri oleh Bapak Bupati Tangerang , Balak Kepala Dinas berserta aparat pemerintah daerah setempat.

Peserta yang hadir adalah tenaga pendidik atau perwakilan guru SD dan SMP , Kepala Sekolah SD dan SMP , pengawas dan pembina SD dan SMP sekabupaten Tangerang. Jumlah yang hadir kurang lebih 2500 orang.

Dalam laporan dan kata sambutannya, ketua panitia menyampaikan bahwa penggagas Sekolah Menyenangkan itu adalah Nopi Puspita Chandra dari Universitas Gajah Mada.

Dasar pelaksanaan Gerakan Sekolah Menyenangkan ialah dalam rangka pelaksanaan implementasi dari penguatan pendidikan karakter dan karakter building yang terintegrasi dengan program unggulan pendidikan kabupaten Tangerang yaitu sanitasi sekolah (sanisek) , Kurangi Sampah Sekolah, Kita(kurasaki) untuk mewujudkan sekolah yang ramah dan menyenangkan di kabupaten Tangerang. .

Gerakan sekolah menyenangkan merupakan gerakan kesadaran bersama para kepala sekolah untuk melakukan inovasi menuju perubahan. Gerakan sekolah menyenangkan merupakan gerakan sosial bersama guru, untuk menciptakan budaya belajar yang kritis, kreatif, mandiri dan menyenangkan di sekolah. Gerakan ini mempromosikan dan membangun kesadaran guru, kepala sekola dan pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun sekolah sebagai tempat menyenangkan untuk belajar ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup agar anak-anak menjadi pembelajar yang sukses.

Guru harus menempatkan diri sebagai teladan, pemberi inspirasi dan fasilitator bagi siswa yang akan membawa perubahan cara mendidik dengan lebih banyak berdiskusi dan membangun nalar. Bukan dengan mendikte dan menghapal atau pun berlatih berdasarkan kisi-kisi soal ujian.

Itulah yang disampaikan panitia pelaksana dalam acara deklarasi Gerakan Sekolah Menyenangkan kemarin.

Kegiatan GSM tersebut terdiri dari dua bagian, yaitu yang pertama Deklarasi Gerakan Sekolah Menyenangkan dan yang kedua Seminar Deklarasi Sekolah Menyenangkan yang akan dilaksanakan pada hari ini tanggal 17 Oktober 2018 di Balroom Istana Nelayan Jati Uwung Kota Tangerang, yang dihadiri oleh para pengawas dan kepala sekolah sekabupaten Tangerang.

Semoga Gerakan Sekolah Menyenangkan dapat terwujud dan dapat menumbuhkan kesadaran guru, kepala sekolah dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, indah dan nyaman.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semoga dapat diwujudkan sekolah menyenangkan. Salam sukses

17 Oct
Balas

Aamiin... Trimakasih Pak

17 Oct

Anak-anak pasti merasa senang dan nyaman ya bunda Nia ? Jazakumullah kgoiron katsiro informasinya. Salam swhat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

17 Oct
Balas

Ya Bun tentunya... Semoga sekolah dapat menjadi rumah kedua yang menyenangkan bagi mereka. Trimakasih Bunda Nana. Semoga Bunda juga sehat selalu

17 Oct

Mantaps reportasenya, smoga sukses dan barakallah

17 Oct
Balas

Trimakasih Bunda... sukses juga buat Bunda

17 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali