Meynia

Seorang guru SD yang mengajar di daerah Tangerang. Asliku dari Bogor. Hobbyku membaca. Dengan belajar menulis, aku berharap suatu dapat membuat ...

Selengkapnya
Jum'at Bersih

Jum'at Bersih

Di tulisanku yang lalu ku ceritakan sedikit perjalanan tentang pengalaman mengajar dan menjadi guru di daerah Tangerang, tepatnya di desa Tegalkunir Lor.

SD Tegalkunir Lor, SD yang berada di lingkungan desa Tegalkunir Lor.

Desa dengan penduduk yang sangat sangat padat. Bahkan sangking padatnya jalan pun sempit. Lingkungan yang kumuh dan kurang tertata rapih menjadikannya terlihat sumpek. Dengan rumah yang berpetak-petak tak ada halaman apalagi lapangan luas tempat anak bermain bebas. Jika kita berjalan menyusuri desa, bau tak sedap dari saluran air yang hitam dan kotor pun akan tercium. Kurangnya pohon besar yang tumbuh di sekitar rumah-rumah, membuat udara semakin tak segar dan indah dipandang. Selain itu banyak pula masyarakat yang belum memiliki sanisek sendiri. Masih banyaknya masyarakat yang buang air besar di sawah juga dikali.

Kebiasaan buruk masyarakat lainnya yaitu senangnya membuang sampah di kali. Sehingga kali menjadi bau dan tidak mengalir dengar lancar. Banyak sampah tertimbun diujung saluran air yang menimbulkan bau tak sedap di sekitar. Apalagi saluran air itu berada persis di depan sekolahanku. Jika musim kemarau dan kering, bau tak sedap dari kali akan sangat menyengat tercium sampai kelas.

Kini setiap hari Jum'at , setelah selesai acara pengajian pagi, aku mengajak anak-anak muridku khususnya kelas 6 untuk membersihkan kali bersama-sama. Mereka ku tugaskan untuk membuat dan membawa sebilah kayu atau bambu dengan memasangkan kaitan diujungnya untuk mengambil sampah di kali. Dengan kegiatan ini aku berharap anak dapat belajar hidup bersih dan lebih mencintai lingkungannya.

Semoga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Penanaman karakter yg bagus sekali, Bu. Semoga masy sekitar akan merasa malu kpd anak2 jika masih membuang sampah sembarangan seperti itu.

10 Aug
Balas

Aamiin... Mudah-mudahan

10 Aug

Alhamdulillah...semoga setelah dibersihkan akan tumbuh kesadaran untuk "menjaganya" agar senantiasa bersih...ya bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah....bunda.

10 Aug
Balas

ya Bunda Nana... Aamiin. Trimakasih do'anya. Sehat dan sukses selalu juga buat Bunda

10 Aug

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali