Meynia

Seorang guru SD yang mengajar di daerah Tangerang. Asliku dari Bogor. Hobbyku membaca. Dengan belajar menulis, aku berharap suatu hari dapat mem...

Selengkapnya
Kesalahan Komunikasi

Kesalahan Komunikasi

Kesalahan Komunikasi

Kesalahan komunikasi sering kali terjadi diantara anak-anak. Hingga menyebabkan permusuhan bahkan pertengkaran diantara mereka.

Kesalahan informasi yang kerap kali terjadi adalah salahnya penyampaian pesan dari orang ke dua kepada orang ke tiga. Mereka salah mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung. Atau kadang kala juga pesan dari orang pertama itu mereka ganti katanya dengan kata yang tidak sepadan.

Seperti contohnya suatu hari ketika aku sedang mengabsen. Ada anak yang tidak masuk namanya Willy. Menurut temannya yang dekat dengan rumah Willy berkata:"Bu... Willy mau berhenti sekolah." Mendengarnya tentu saja aku kaget. Ku pikir-pikir lagi kenapa Wiily tiba-tiba mau berhenti sekolah?. Aku takut kalau punya salah atau ia telah kecewa denganku. Karena selama ini kalau ku perhatikan ia tak punya masalah dengan temannya.

"Kamu tahu, kenapa Willy mau berhenti sekolah?"

"Sepatunya hilang Bu"

"Hilang? "

"Iya Bu"

Aku lalu berpikir, masa sepatu hilang sampai mau berhenti sekolah. Pasti ada sesuatu. Esok harinya ternyata Willy masuk sekolah. Alhamdulillah aku lega. Ku tanya dia:" Willy kenapa kemarin kamu tidak sekolah? ".

"Sepatu saya hilang Bu"

"Tapi kenapa temanmu bilang kamu mau berhenti sekolah? "

"Ngga tahu Bu" Kata Willy yang juga ikut heran.

"Nah... Ini dia," kataku kepada anak-anak. Anak-anak pun serempak tertawa. Mereka sudah paham maksudku. Mereka telah salah mengartikan dan menginformasikan suatu pesan

"Kembali lagi terjadi kesalahan menyampaikan informasi." kataku pada mereka

Suatu hari aku pernah bermain pesan berantai di kelas secara kelompok. Salah satu anak ku beri pesan yang harus disampaikan kepada kelompoknya dengan benar. Anak yang paling terakhir mendapat pesan dari tiap kelompok harus menyampaikan pesan yang ia dapat di depan kelas.

Tiga dari empat kelompok itu menyampaikan pesan dengan benar. Satu kelompok salah. Kelompok yang salah itu semula aku beri kalimat seperti ini :" Besok semua membawa cabe untuk di tanam," dan ternyata anak terakhir berkata:" Kata Bu Nia, besok semua bawa cabe untuk dimakan."

Serentak anak-anak pun tertawa.

"Nah... Itulah anak-anak, yang sering terjadi selama ini. Timbulnya pertengkaran dan perkelahian diantara kita kerap disebabkan karena kesalahan komunikasi.

Miskomunikasi terjadi ketika Anda menginginkan "A" akan tetapi yang disebut oleh orang lain adalah "B". Adalah hasil akhir yang tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Miskomunikasi adalah Kesalahan pengertian sehingga menghasilkan respon yang berlawanan dengan tujuan atau maksud yang diharapkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Tapi diantara kita ngga ada miss komunikasi ya..

03 Nov
Balas

Teringst sepatu Arfi yang sesak. Yang Bingung cari alasan kenapa begitu? Kaitan dengan pertumbuhan.

26 Oct
Balas

Hehe...

26 Oct

Bun, sepedane dilego nggak ,yho ?

26 Oct

Betul sekali Bund...miskomunikasi terjadi karena pergeseran pesan dari orang pertama sampai keorang selanjutnya...semoga kita bisa meluruskan kembali agar tidak terjadi miskomunikasi yang mengakibatkan respon yang berbeda...salam sehat n sukses

26 Oct
Balas

ya Bun... Trimakasih. Salam sehat dan sukses juga buat Bunda

26 Oct

Betul bunda, komunikasi kuncinya. Barakallah

26 Oct
Balas

Salam sehat selalu Bunda

26 Oct

Miskomunikasi memang sering menjadi bahan pertengkaran. Sebaiknya kita harus pahami dulu setiap informasi yang diperoleh dari siapa saja. Terimakasih Ibu tulisannya bagus.

26 Oct
Balas

Ya Bu... Sama-sama, trimakasih. Salam literasi

26 Oct

Miskomunikasi bukan hanya tejadi di anak anak bun. terkadang juga kita mau salah tanggap terhadap pesan pesan yang disampaikan kekita.

26 Oct
Balas

Ya Bun... Ibu-ibu apalagi, akibat rumpi sering terjadi miskomunikasi

26 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali