Meynia

Seorang guru SD yang mengajar di daerah Tangerang. Asliku dari Bogor. Hobbyku membaca. Ingin sekali mencoba belajar untuk menulis dan membuat se...

Selengkapnya
Kreatifkah Kita ?

Kreatifkah Kita ?

Guru Kreatifkah Kita ?

Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang semakin cepat, menuntut para guru untuk terus belajar dalam banyak hal yang terkait dengan pembelajaran secara berkesinambungan. Agar peran guru dalam pengajarannya tetap bermutu, guru dituntut untuk kreatif dalam mengembangkan pembelajaran sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan membuat siswa menjadi lebih bersemangat lagi dalam belajar.

Clark Monstakos, seorang psikolog humanistis menyatakan bahwa kreativitas adalah pengalaman mengekspresikan (mengaktualisasikan) identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam dan orang lain.

Guru yang kreatif adalah guru yang mampu mengaktualisasikan dan mengekspresikan secara optimal segala kemampuan yang ia miliki dalam rangka membina dan mendidik anak didik dengan baik. Seorang guru yang kreatif akan memiliki sikap kepekaan, inisiatif, cara baru dalam mengajar, kepemimpinan serta tanggungjawab yang tinggi dalam pekerjaan dan tugasnya sebagai seorang pendidik.

Ciri-ciri guru kreatif adalah :

1. Fleksibel

2. Optimis

3. Respek

4. Cekatan

5. Humoris

6. Inspiratif

7. Lembut

8. Disiplin

9. Responsif

10. Empatik

11. Nge-friend

12. Penuh semangat

13. Komunikatif

14. Pemaaf

15. Teladan

Hal-hal yang dapat dilakukan oleh guru dalam memacu kreativitas antara lain aktif membaca, gemar berapresiasi, mencintai seni, respek terhadap perkembangan, menghasilkan sejumlah karya dan dapat memberi contoh dari hal-hal yang dituntut siswa.

Semoga kita menjadi guru kreatif yang dapat menciptakan pembelajaran lebih menyenangkan, membuat siswa tidak jemu dan bosan berada di sekolah terutama di kelas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Pengen jadi guru kreatif bu.. Sangat bermanfaat tulisannya bu.

01 Feb
Balas

Trimakasih bu... Bu Sri contoh guru yg kreatif dan menginspirasi sekali. Saya kagum banget dengan karya-karya ibu.

01 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali