Meynia

Seorang guru SD yang mengajar di daerah Tangerang. Asliku dari Bogor. Hobbyku membaca. Dengan belajar menulis, aku berharap suatu hari dapat mem...

Selengkapnya
Milik Siapa  ?

Milik Siapa ?

Ada sesuatu yang menarik dan membuatku berpikir dari potret tersebut. Apa coba ? Potret itu aku screenshot dari youtube.

https://youtu.be/Cp9NQF-c__g

Aku terharu, takjub dan juga iri. Iri pada mereka yang jelas-jelas orang Barat tapi mahir memainkan alat musik daerah berupa gamelan yang merupakan kebudayaan bangsa kita, Indonesia. Kebudayaan daerah yang sepatutnya kita lestarikan agar tidak punah apalagi sampai hilang diambil bangsa asing. Sungguh menyedihkan sekali, andai saja itu terjadi.

Yang membuatku berpikir mengapa generasi muda sekarang lebih menyukai dan senang belajar alat musik modern dari pada alat musik daerah. Mengapa jarang sekali anak muda mau belajar alat musik daerah yang merupakan budaya bangsa , warisan leluhur nenek moyang kita. Anak-anakku sendiri tidak ada yang bisa dan tidak mau belajar.

Seandainya di setiap sekolah ada ekstrakurikuler khusus kesenian daerah mungkin itu akan bagus dalam rangka melestarikan budaya bangsa yang sangat berharga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah di madrasah tempat tugas ku gamelan satu set lengkap ada, bulan ini satu set angklung juga sudah ada

09 Feb
Balas

Asiiik dong... Hebat, Senangnya. Sudah aktif berlatihkah ?

09 Feb

Alhamdulilah gurunya Sarjana seni musik jurusan UPI Bandung, ajuan di sekolah ibu beli, anak2 pasti suka

09 Feb

Alhamdulillah ada guru ahli di bidangnya. Sulit lho Pak... Nyari gurunya. Di sini juga Alhamdulillah masih ada guru yg bisa dan mahir memainkan alat musik daerah. Kendala selalu di ketersediaan alat

09 Feb

Iya bu, memerlukan sinergitas antar semua aspek, apabila kita ingin melestarikan budaya daerah

09 Feb

Tul banget... Apalagi tanpa ada dukungan yg di atas, sulit sekali

09 Feb

Mantap bun...

10 Feb
Balas

Trimakasih... Selamat pagi

10 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali