Meynia

Seorang guru SD yang mengajar di daerah Tangerang. Asliku dari Bogor. Hobbyku membaca. Dengan belajar menulis, aku berharap suatu hari dapat mem...

Selengkapnya
Perbaikan Kali di Samping Sekolah

Perbaikan Kali di Samping Sekolah

Pernahkah anda mengalami apa yg anda tulis ada dampaknya?

Entah kebetulan atau tidak, belum lama ini saya menulis kerja bakti di sekolah yang diadakan setiap hari Sabtu. Banyaknya sampah bekas bungkus jajanan membuat saluran air kali menuju sawah yang ada di samping sekolah jadi tersumbat. Kebiasaan anak-anak dan masyarakat yang selalu membuang sampah sembarangan terutama di kali sulit sekali dihilangkan.

Setelah berjalan beberapa bulan kerja bakti itu dilakukan, suatu hari ketika pulang sekolah, aku melihat ada beberapa orang dengan pakaian rapih melihat-lihat aliran sungai itu hingga ujung sawah dekat sekolah. Entah dari mana dan apa yang akan mereka lakukan. Aku pun tak sempat mengawasinya, karena sudah siang dan akan pulang. Beberapa minggu setelah orang yang kulihat itu memantau saluran air ke sawah, pagi hari aku lihat di pinggir kali banyak tumpukan batu kali dan pasir. Hingga motor pun sulit lewat, akibat tumpukan pasir yang di simpan di trotoar jalan sepanjang kali di samping sekolah.

Sambil berjalan aku mengamati, kulihat ada seorang tukang, lalu kutanya dia. "Mang... Mau dirapihin ya, kalinya? "

"Iya Bu" jawabnya. Ku melanjutkan jalan lagi menuju halaman sekolah.

Siang hari ketika pulang sekolah seperti biasa aku lewat samping sekolah lagi menyusuri kali. Ternyata benar saja, beberapa tukang sedang membongkar tembok di pinggir kali dan memasang batu kali yang besar-besar itu sebagai pondasi.Rupanya kali aliran air ke sawah itu mau dipebaiki dan dibuat lebih rapih lagi, sehingga jalan di samping yang menuju ke sawah dan ke sekolah lebih lebar.

Alhamdulillah sudah dua minggu ini anak-anak tak perlu cape-cape lagi kerja bakti membersihkan sampah yang tertimbun di kali. Mereka hanya bekerja bakti membersihkan lingkungan sekolah di sekitar halaman dalam.
Mudah-mudahan saja setelah selesai perbaikan bangunan pondasi kali itu, tidak ada lagi anak-anak atau masyarakat yang membuang sampah di kali.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

"sebaiknya sampah dibawa ke rumah. Sekolah bukan pembuangan sampah." Aku ingat kata anakku.,Bun.

05 Nov
Balas

Ya Pak... Trimakasih sarannya

06 Nov

Buah dari menulis ya bun? Selamat bunda Nia

05 Nov
Balas

Alhamdulillah... Trimakasih Bunda Dani

06 Nov

Maaf baru komen, baru ada kuota hhe...

06 Nov
Balas

Rasanya bahagia banget ya, bunda Nia. Apa yang kita lakukan menginspirasi banyak orang. Tapi , memang itu sudah janji Allah bahwa kebaikan akan dibalas dengan kebaikan pula. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda Nia.

05 Nov
Balas

Ya Bunda... Alhamdulillah

06 Nov

Sejatinya kebaikan akan didapat dengan lakukan kebaikan, sukses selalu dan barakallah

05 Nov
Balas

Trimakasih bu Siti...

06 Nov

Wah....bisa menjadi ibrah bagi orang lain Bunda Nia...Barakallah...

05 Nov
Balas

Iya Bun.... Alhamdulillah. Semoga ke depan lebih baik

06 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali