Meynia

Seorang guru SD yang mengajar di daerah Tangerang. Asliku dari Bogor. Hobbyku membaca. Dengan belajar menulis, aku berharap suatu hari dapat mem...

Selengkapnya
Sarasehan Literasi Sekolah #05

Sarasehan Literasi Sekolah #05

Sabtu, 29 September 2018 pada Pukul 08.00-17.00 WIB kemarin, aku mengikuti acara Sarasehan Literasi Sekolah bersama tiga temanku di grup AGM wa. Untuk ketiga kalinya kami kembali bertemu di acara yang berbeda.
Acara diselenggarakan di Ballroom Lantai 4, Perpustakaan Nasional RI yang diikuti oleh 172 peserta dari berbagai daerah, bahkan ada peserta yang dari Papua. Salut sekali , walau jarak yang begitu jauh tapi tak menjadi hambatan bagi mereka untuk belajar menuntut ilmu dan menambah wawasan. Luar biasa.

Dalam acara pembukaan, setelah menyanyikan lagu Indonesia dengan tiga stanza, Dirjen Dikdasmen Pak Dr. Hamid memberikan kata sambutannya. Beliau menjelaskan tentang apa dan mengapa perlunya Gerakan Literasi Sekolah. Berikut sedikit kutipan kata-kata beliau yang masih kuingat. Menurut beliau, masih banyaknya anak-anak yang dapat membaca hurup tapi tidak tahu maknanya. Terutama Indonesia Timur yang masih perlu pembinaan khusus. Jika kemampuan berbahasa itu tidak kita angkat sejak awal, jangan harap kemampuan matematika dan kemampuan IPA mereka akan bagus. Karena kemampuan bahasa itu adalah pondasi. Begitu menurut beliau.

Benar sekali semua yang beliau katakan itu, aku yang terjun langsung dilapangan dan mengajar anak sekolah dasar, memang merasakan sekali pentingnya anak memahami bahasa dengan mengenal arti kata demi kata.

Bagi anda yang ingin membaca lebih jelas materinya, bisa anda unduh di alamat literasisekolah@kemendikbud.co.id

Di sana dijelaskan pula bahwa salah satu di antara enam literasi dasar yang perlu kita kuasai adalah literasi baca-tulis. Membaca dan menulis merupakan literasi yang dikenal paling awal dalam sejarah peradaban manusia. Keduanya tergolong literasi fungsional dan berguna besar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki kemampuan baca-tulis, seseorang dapat menjalani hidupnya dengan kualitas yang lebih baik. Terlebih lagi di era yang semakin modern yang ditandai dengan persaingan yang ketat dan pergerakan yang cepat. Kompetensi individu sangat diperlukan agar dapat bertahan hidup dengan baik.

Membaca merupakan kunci untuk mempelajari segala ilmu pengetahuan, termasuk informasi dan petunjuk sehari-hari yang berdampak besar bagi kehidupan. Ketika menerima resep obat, dibutuhkan kemampuan untuk memahami petunjuk pemakaian yang diberikan oleh dokter. Jika salah, tentu akibatnya bisa fatal. Kemampuan membaca yang baik tidak sekadar bisa lancar membaca, tetapi juga bisa memahami isi teks yang dibaca. Teks yang dibaca pun tidak hanya katakata, tetapi juga bisa berupa simbol, angka, atau grafik.

Demikian sedikit berbagi dari saya, semoga bermanfaat dan salam literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali