Meynia

Seorang guru SD yang mengajar di daerah Tangerang. Asliku dari Bogor. Hobbyku membaca. Dengan belajar menulis, aku berharap suatu dapat membuat ...

Selengkapnya
Tips Mudik Ala Mey Nia

Tips Mudik Ala Mey Nia

*Tips Mudik*

(Mey Nia)

Lebaran sebentar lagi. Ya, tinggal menunggu hari. Hari ini sekolah sudah mulai libur. Tinggal menunggu cuti bersama bagi mereka yang akan mudik ke kampung halaman.

Mudik, sebuah tradisi yang dilakukan oleh penduduk urban. Sebagai ajang melepas kangen dan silaturahmi bersama orang tua, keluarga, sanak saudara serta teman-teman sekampung bagi mereka. Mudik walau merepotkan dan melelahkan selama diperjalanan yang seringkali mengalami kemacetan, tapi tak menghalangi niat mereka untuk pulang.

Mudik itu unik, asik dan menyenangkan. Dengan perasaan senang, cape diperjalanan pun hilang.

Bagi yang mau mudik, sebelum pulang ke kampung halaman, persiapkanlah segala sesuatu dan keperluan yang akan dibawa dengan cermat dan teliti. Mulai dari peralatan mandi, perlengkapan sholat, baju ganti, bekal makanan selama perjalanan, dan tak lupa oleh-oleh yang akan dibawa untuk sanak pamili, saudara, atau teman di kampung.

Seringkali setelah sampai kampung halaman, ada saja yang ketinggalan. Oleh karena itu buat dan catatlah daftar keperluan yang akan dibawa, sehingga tidak ada lagi yang lupa dan ketinggalan. Sekedar mengingatkan dan berbagi, ada beberapa tips mudik yang perlu anda perhatikan sebelum berangkat :

1. Tentukan terlebih dahulu tujuan mudik anda, dan pastikan pula anda punya kampung halaman.

2. Berapa lama anda akan mudik. Sehari, dua hari tiga hari atau seminggu. Jangan sampai anda mudik dan tak balik lagi. Karena itu namanya pulang kampung.

3. Bawalah baju seperlunya agar tak banyak yang dibawa. Usahakan pilih baju bawahan yg netral agar mudah memadu padankannya. Tidak terbayang kan kalau bawahannya warna warni, pasti banyak yang dibawa dan jangan sampai membawa semua baju. Jangan lupa baju tidur, daleman, handuk , peralatan mandi dan peralatan sholat.

4. Persiapkan juga bekal makan dan minum yang cukup untuk selama perjalanan. Selain menghemat juga menjaga apabila macet dan tidak dapat menemukan warung atau tempat makan.

5. Rapihkan dan kemas semua oleh-oleh yang akan dibawa. Bila perlu pisahkan terlebih dahulu satu persatu oleh-oleh itu untuk siapa saja.

6. Pastikan kendaraan yang akan ada pergunakan sudah dipesan dan ada. Apabila memakai kendaraan sendiri pastikan pula kondisinya bagus dan sudah prima. Ini yang penting. Tanpa kendaraan tak mungkin bisa mudik.

Demikian tips untuk anda yang akan mempersiapkan keberangkatan mudik lebaran. Semoga bermanfaat dan berhati-hatilah di jalan.

Tangerang, 9062018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Lamun abdi mah teu mudik, teh Nia. Hatur nuhun tips mudikna...

09 Jun
Balas

Hehe... Raos atuh, hemat Pak. Selamat berkumpul bersama keluarga

09 Jun

Wah, jadi ingin segera mudik nih, tipsnya sangat lengkap. Makasih bu Meynia, salam sehat dan sukses selalu, eh salam kenal juga haha..

09 Jun
Balas

Ya Bunda... Trimakasih jdo'anya, semoga Bunda Eko juga demikian. Salam kenal juga

09 Jun

Aku tak mudin namun turun gunung bun,

09 Jun
Balas

Hemat dan sehat Pak... Jalan kaki ya ?

09 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali