Meynia

Seorang guru SD yang mengajar di daerah Tangerang. Asliku dari Bogor. Hobbyku membaca. Dengan belajar menulis, aku berharap suatu hari dapat mem...

Selengkapnya
Tumis Oncom Hitam

Tumis Oncom Hitam

*Tumis Oncom Hitam*
(Mey Nia)

Hari ini aku sudah pulang kembali ke Tangerang. Walau liburan masih lama, aku sengaja pulang dulu karena banyak pekerjaan sekolah yang belum selesai. Aku harus menyelesaikan menulis nilai SKHUN anak-anak kelas 6 yang akan dipakai untuk daftar ke SMP. Rencananya setelah semua selesai, aku akan balik lagi ke Bogor menghabiskan sisa liburan. Malam hari pukul 11.00 aku pun sampai. Perjalanan malam dari Bogor melewati Parung lumayan lancar.

Pulang ke Tangerang tak lupa kubawa oleh-oleh pesanan teman. Kemarin lewat grup WA temanku minta dibawakan oncom hitam. Oncom hitam di sini tidak ada. Mungkin hanya ada di Bogor. Ocom hitam enak lho... Apalagi jika dibuat nasi tutug. Bumbunya memakai kencur. Lauk tambahannya ikan asin, sambal lalab, jengkol, ayam goreng. Mantap !! . Nasi tutug Oncom di rumah makan Sunda mudah kita dapat dan sudah banyak dijual. Kala belum nyoba, cobain deh... Pasti ketagihan.

Di jalan ku sempatkan buka WA japri temanku bu Haji, memberi kabar kalau aku hari ini pulang dan membawa pesanannya.

Sampai rumah kulihat gelap sekali lampu luar yang sengaja tidak dimatikan tak nyala. Setelah diperiksa, rupanya pulsa habis 😆😆😆. Ku buka rumah, begitu ke dapur ada air menggenang di lantai. Ternyata air itu dari kulkas yang mati karena tak ada listrik. Simpanan makanan dan lauk di dalamnya pun bau begitu pintu kulkas ku buka. Menyengat. Kututup lagi, mau dibersihkan pun gelap dan cape. Karena sudah malam. Terpaksa malam tadi aku tidur gelap-gelapan. Untung hp baterainya masih banyak, jadi dapat ku pakai lampu dari hp. Alhamdulillah. Setelah selesai beres-beres, sebelum tidur ku buka WA. Ada balasan dari temanku Bu Haji. Eeh... ternyata bu Haji belum pulang masih mudik di Bandung.

Ada untungnya juga bu Haji belum pulang. Stok makananku dikulkas bau semua dan kebetulan sekali hari ini ada oncom. Pagi hari aku pun segera pergi ke dapur untuk memasak Oncom. Hari ini aku mau makan tumis Oncom hitam dengan ikan asin. Sebelum masak aku pergi dulu ke warung membeli ikan asin dan sayuran. Ku masak Oncom hitam dengan campuran wortel, daun bawang dan seikat kangkung. Ditumis dengan air sedikit. Aroma harum menyebar mengundang air liur dan perut bereaksi. Tak sabar ingin segera menyantapnya. Menu sederhana hari ini tumis oncom hitam, ikan asin dan nasi. Nikmatnya tiada tara.😍😍😍😍

_Selamat Makan Siang_
Tangerang, 200618

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Yummy pastinya

20 Jun
Balas

Yup... Mantap !

20 Jun

Hmmm...mauuuu. Pasti maknyusss banget tu ya...bunda. Di Medan nggak ada oncom. jadi pengennn. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah ...bunda Nia.

20 Jun
Balas

Main sini Bunda Nana... Aamiin, semoga sehat selalu juga buat Bunda

20 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali